Pemeriksaan Kesehatan serta Pemberian Vitamin & Obat pada Ternak Masyarakat Desa Penyangga

Beternak menjadi salah satu bentuk pencaharian masyarakat yang tinggal di desa penyangga Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

Untuk membantu masyarakat memastikan kesehatan ternak mereka, TNUK bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Pandeglang , dan Aliansi Lestari Rimba Terpadu (ALeRT)  yang didukung oleh BNI melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengambil sampel darah dan kotoran ternak.

Sampel tersebut kemudian akan diteliti di laboratorium untuk mengetahui adanya penyakit atau parasit pada ternak tersebut.

Selain itu, juga dilakukan pemberian multivitamin serta obat untuk melawan scabies, penyakit kulit yang paling umum ditemukan pada daerah tersebut.

Kegiatan ini merupakan bagian awal dari Sekolah Lapang Pengelolaan Ternak Kerbau (SL PTK) dengan tujuan meningkatkan kapasitas para peternak untuk memelihara ternak dengan lebih baik serta berkelanjutan. SL PTK ini dilakukan di dua desa penyangga, yaitu Desa Rancapinang dan Desa Ujungjaya.

Terlepas dari manajemen pemeliharaan ternak yang bersifat tradisional, dengan adanya kegiatan SL PTK, komunitas peternak di kedua desa tersebut dipersiapkan untuk dapat memelihara kesehatan ternak untuk mencapai hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *